Saturday, December 28, 2013



Menulis panjang dan rumit sedang tidak menarik hatiku, termasuk didalamnya yang mendayu-dayu. Sedang sangat menyukai sejenis syair saja yang singkat tapi kata-katanya terikat satu sama lain. Entah karena efek malas menulis atau karena sedang galau atau jangan-jangan karena efek kondisi kesehatan. Ah, kondisi kesehatan tak masuk sebagai alasan...

Teringat saat kali pertama membaca catatan “pecah-pecah” dari Goenawan Mohamad dalam “Pagi dan Hal-hal yang Dipungut Kembali”, aneh rasanya menyaksikan GM menulis sekedar tiga hingga enam baris saja. Tapi entah kenapa mengundang dahaga ? Imaji, pikiran dan juga keingintahuan tali temali setelah membaca epigram tersebut.
Tema yang diangkat GM pun karut marut mulai dari donat yang lambang kapitalisme hingga hal-hal ringan seputar pagi dan tidur. Tak semua hal menarik dan penting harus ditulis panjang dan lama, kadang singkat dan cepat itu indah. Meski sebagian lelaki akan tersinggung dengan hal ini. :)

Kembali ke soal menulis singkat, ada kalanya seorang penulis (atau bagi orang yang tengah belajar menulis seperti aku) muak dengan kata-kata dan kehilangan kepercayaan pada segala sesuatu yang terbebani dengan keindahan. Pada saat itulah kalimat-kalimat pendek yang dalam menjadi pilihan. Karena semuak apapun terhadap kata-kata, seorang penulis tetap harus memungutnya agar tak menjadi gila.

Layaknya seorang pemeluk agama, ada saatnya iman menjulang tapi adakala dangkal. Begitupun seorang penulis, adakalanya begitu mengagungkan kata-kata, tapi ada masa semua kata terasa dangkal. Tapi apapun itu, kata-kata tetaplah harus mendapat tempat, sama seperti Tuhan. Atheis sekalipun, memberi tempat kepada Tuhan, sehebat apapun dinafikkan.

Tulisan-tulisan singkat beraroma syair yang sedang kugeluti kadang hadir begitu saja, tanpa berpikir rumit-rumit, terlepas begitu saja dari tempurung kepala. Jika berminat menikmati bisa dikunjungi di www.kibasilalang.blogspot.com

Sumber ilustrasi : fiverr.com



0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts