Monday, April 24, 2017


Sebuah senja ibukota di penghujung Maret 2013, ada kejenuhan menjadi orang gajian, ada lelah menjalani rutinitas pekerjaan. Tekad pun dibulatkan, niat dipancangkan, menekuni bisnis online jadi pilihan. Mengubah nasib, begitu kita-kira impiannya.

Respon atas pilihanku itu beragam; orang tua bilang “melepas yang pasti untuk sesuatu yang belum jelas ujungnya.” Seorang teman bilang, “nekad !” Hanya ada seorang dosenku dulu yang bilang, “Lebih baik mencoba lantas gagal, daripada tak pernah gagal karena tak mencoba.”

Ada ragu, ada rasa tak percaya diri, tapi dua sosok berikut, menjadi peneguh langkah, mereka yang telah menjadi raja bisnis online Indonesia :

Budiono Darsono (Pendiri Detik.com)
Saat awal detik tak banyak yang menyangka akan menjadi raja media online paling berpengaruh di Indonesia, tapi perjuangan, dedikasi para pendiri menjadikan detik.com menjadi luar biasa. (sumber foto : tempo.co)

Andrew Darwis (Pendiri Kaskus)
Forum online paling besar dan berpengaruh di Indonesia, berkat perjuangan dan totalitas Andrew Darwis (Summber foto : selular.id)


Tak perlu jauh-jauh berguru pada Larry Page & Sergey Brin (Google), Jack Ma (Alibaba), Steve Jobs (Apple), atau  Jeff Bezos (Amazon). Anak-anak muda yang gigih dan sukses dalam bisnis online di Indonesia bejibun pikirku. Makin mantaplah niatku ketika itu. Layar sudah terbentang, pantang surut ke belakang, itu semboyannya.

Tentang Bisnis Online

Sebelum lebih jauh dengan ceritaku berjibaku di bisnis online, aku teringat pertanyaan ibuku saat awal menyatakan ingin fokus di bisnis online, “Apa sih bisnis online ?” Pertanyaan yang juga mewakili pertanyaan banyak orang lainnya.

Secara sederhana aku menjawab “Bisnis online adalah segala usaha yang menghasilkan keuntungan melalui internet.” Pertanyaan selanjutnya keuntungan apa ? Kalau saya pribadi keuntungan tak selalu tentang finansial, tapi bisa berupa kebahagiaan, jaringan dan juga pengalaman.

Kalau merujuk pada pendapat yang lebih resmi : 


Online business is any kind of business activity that happens over the internet. Running an online business can include buying and selling online or providing an online service. Jadi segala aktivitas bisnis yang terjadi melalui internet. Dapat berupa aktivitas jual beli secara online atau penyediaan jasa secara online.





Kembali ke ceritaku…  

Untuk awal kuputuskan fokus menjadi penulis, karena memang salah satu hobiku adalah menulis. Ada beberapa teknik yang kulakukan untuk menghasilkan pendapatan melalui menulis; ikut lomba atau kompetisi menulis (kompetisi blog atau menulis), menjadi penulis konten berbayar dan menyediakan jasa editing tulisan. Di paruh waktu lainnya, aku belajar mengenai SEO (search engine optimization).

Fase awal sungguh tak mudah, ikut lomba nulis kompetitor alang kepalang tangguhnya, tapi tak membuatku surut, semua lomba aku coba ikuti. Untuk lomba-lomba blog atau menulis yang mengusung tema yang benar-benar menjadi passionku aku coba beri prioritas lebih, terutama tema pendidikan, traveling, lingkungan hidup dan tema-tema sosial. Dalam waktu yang relatif tak terlalu lama, gaya penulisanku pun terbentuk. Satu per satu kemenangan pun berdatangan. Pundi-pundi penghasilanpun terisi.

Berikut beberapa kemenangan yang berhasil diraih dalam lomba-lomba menulis, ngeblog dan lainnya :

Di sisi lain, permintaan untuk menulis konten juga mulai datang. Ada yang review produk, ada tulisan untuk media online dan berbagai lainnya. Walau hasil belum bisa dibilang besar tapi pada titik ini ada semacam kepuasaan. Tiap tulisan yang lahir, tiap kalimat yang digores memberi rasa bahagia. Tiap kemenangan yang direngkuh memberi suntikan semangat dan meningkatkan kepercayaan diri.

Teringat suatu saat, istriku hamil tua, uang di tabungan tak seberapa, apalagi saat itu menurut hasil USG, anakku terlilit tali pusar, ada kemungkinan tindakan operasi dibutuhkan. Kubulatkan niat, kugandakan ikhtiar. Alhamdulillah persis di hari kelahiran anakku, sebuah kemenangan dalam lomba menulis kurengkuh, event yang dihelat kementrian kesehatan itu menjadi penanda kelahiran buat hati pertama kami.

Stabilitas finansial memang tak ada, tapi kebahagiaan sebagai mahluk merdeka yang harganya tak murah. Itu saja yang kudapatkan ketika itu. Di sisi lain, gaya penulisan kita di dunia maya sangat mudah direplikasi oleh penulis-penulis baru, sehingga kreatifitas adalah kunci untuk survive di bisnis online ini.

Melalui “bisnis” menulis ini, penghasilan lumayan walau tak pasti, jaringan bertambah da nada kebahagiaan yang tiada duanya. Tentu kekecewaan tiap kali, klien tak mau bayar sesuai kesepakatan dengan berbagai alasan, atau saat berkompetisi hasilnya tak sesuai harapan adalah bunga dari perjalanan bisnis online di dunia kepenulisan.

Awan gelap di perjalanan…

Sampailah pada suatu ketika, dimana diri dikuasai hasrat untuk cepat-cepat menuai hasil. Sebuah langkah keliru aku ambil, detailnya tak bisa kuceritkan. Tapi yang jelas, pilihan bisnis online yang satu ini sungguh membunuh kreatifitas, memanjangkan angan-angan dan membuat hancur produktifitas. Semuanya fatamorgana, semuanya ilusi yang membuat lupa diri.

Hasil rintisan yang dibangun dengan keringat dan sesekali airmata meyertai, amblas tanpa bekas. Harga yang begitu mahal harus dipertaruhkan untuk sebuah ambisi semu. Setahun lebih terpuruk dengan bisnis online beraroma “setan” itu kutekuni, siang malam, pagi sore.

Saat menyadari semua alfa dan lupa itu, aku sudah tak punya apa-apa. Beruntung istri yang selalu setia mendampingi dan anak yang menjadi sumber motivasi untuk bangkit dan belajar dari gelapnya masa lalu.

Titik kembali…

Berbekal kemampuan menulis, aku bertemu dengan seorang sahabat. Sosok yang sukses dalam bidang pemasaran online. Ia menguasai berbagai teknik dan strategi SEO namun lemah di konten. Pada titik itulah kami bertemu.

Semangat pun kembali menggebu, sang sahabat yang memang sudah terbilang sukses di marketing umroh itu membantuku bertahan di masa-masa sulit. Uang kontrakan dan untuk keperluan bulanan, aku pinjam dari dia dengan catatan saat bisnis kami mulai menghasilkan berlahan aku bayar.

Setapak demi setapak kami melangkah, web-web pemasaran umroh kami buat sedemikian rupa dengan konten yang berkualitas dan trik SEO white hat yang luar biasa. Siang malam kami bangun mimpi bersama, tak sampai satu tahun, hasilnya mulai kelihatan. Pemesanan paket umroh melalui website kami yang jumlahnya puluhan itu jumlahnya kian meningkat. Marketing fee yang didapatkanpun tak sedikit jumlahnya. Puluhan juta jumlahnya sekali terima. Awalnya kami hanya berdua, lantas tim makin membesar.    

Fase gelap berikutnya…

Jasa marketing online utuk paket umroh yang kami bangun, akhirnya kandas. Perjuangan awal kami berdua, namun setelah anggota tim makin bertambah, justru jadi tak solid. Watak asli sang sahabat mulai terbaca. Pertengkaran kecil hingga besar pun terjadi. Tim pun bubar, masing-masing ambil langkah masing-masing.

Aku mencoba introspeksi diri, berkaca pada perjalanan tim kami yang hanya berumur singkat. Membentuk tim memang bukan perkara mudah, harus ada keihlasan untuk saling menutupi kelemahan, bukan justru merasa atasan dan bawahan. Tim adalah tim, atasan dan bawahan tak akan membuat tim menjadi nyaman.

Setelah berpikir panjang dan meyakini bahwa selalu ada rencana-Nya dibalik tiap peristiwa. Kuputuskan untuk kembali pada duniaku, menjadi pebisnis online di bidang kepenulisan. Sembari mengais rezeki melalui marketing umroh sebagai penopang finansial.

Aku percaya bahwa tim yang baik, adalah tim yang terbentuk secara alamiah, yang dipertemukan oleh proses, bukan oleh keterpaksaan.

Dan kini…

Sahabat-sahabat mungkin punya kisah yang jauh lebih dramatis dan menguras emosi ketika bergelut di bisnis online. Ini sepenggal kisahku, kini aku memantapkan hati untuk tak mundur dari bisnis online, tulis menulis menjadi fokusku. Banyak mimpi yang ingin diwujudkan di bisnis online ini, semoga dipertemukan dengan sahabat-sahabat terbaik yang bisa berjejaring bersama merebut kesempatan di dunia tanpa batas, dunia nirkabel yang kaya kesempatan ini.

Pelajaran-Pelajaran Penting Dalam Bisnis Online

Bergelut di bisnis online adalah barang baru bagitu, baru seumur jagung. Waktu empat tahun ini baru sudah banyak memberiku kesempatan belajar, terjatuh lalu bangun, terjatuh lagi dan bangun kembali sudah pernah kujalani. Tanpa bermaksud meggurui, sekedar berbagi berikut hal-hal yang layak mendapatkan perhatian terutama bagi yang akan terjun di bisnis online atau pemula di bisnis online :






Jangan pernah tergoda “black business”

Bisnis online membuka kesempatan yang nyaris tanpa batas. Banyak diantaranya tergolong bisnis hitam, sebut saja bisnis dengan tingkat risiko tinggi dan illegal. Ada bisnis investasi dengan iming-iming keuntungan yang diluar akal sehat. Ada juga judi online yang terbukti telah hancurkan banyak orang dengan impian kemenangan yang menggiurkan.

Bentengi diri kita dengan kekuatan ajaran agama kita masing-masing dan berpikirlah jangka panjang, itulah senjata melawan bisnis hitam di dunia online.

Jangan berhenti belajar

Bisnis online begitu dinamis, perubahan terjadi begitu cepat. Bagi yang sukses di satu bidang jangan berhenti untuk terus belajar dan memperbaharui informasi yang dimiliki agar tak kaget manakala perubahan terjadi.

Dunia online menawarkan kesempatan belajar yang begitu luas, forum-forum belajar bersama juga tersaji mulai dari forum SEO, bisnis secara umum dan berbagai bidang yang bisa menunjang keahlian kita. Saling berbagilah secara rendah hati di forum tersebut, niscaya ilmu bertambah jejaringpun makin luas.

Ketika terjatuh, merenunglah sejenak lantas bangkitlah

Ketika membaca perjalanan sukses pebisnis online, semuanya terasa indah. Tapi manakala kita menjalani tak semudah yang pernah kita bayangkan. Saat terjatuh, semua menjadi begitu berat dan tak mudah. Bangkit dari kejatuhan benar-benar membutuhkan mental yang kuat. Tapi bacalah sejarah dari Steve Jobs hingga Jack Ma, tak ada yang berehasil tanpa jatuh bangun. Kalau mengutip petuah Jack Ma, sang legenda hidup pendiri Alibaba “Nikmati tiap proses jatuh bangun itu…

Bentuklah tim dengan hati

Tim yang dibentuk sekedar karena kepentingan jangka pendek, cenderung rapuh dalam perjalanannya. Tapi tim yang dibentuk karena kesamaan mimpi dan kekuatan hati biasanya lebih awet dalam mewujudkan impian bersama.

Kalau kita menapakai langka para jawara bisnis online rata-rata sukses karena tim yang kuat, bukan karena individu yang kuat. Steve Jobs meyakini itu, bahwa tim yang solid dan tangguh jauh lebih penting dari satu individu yang cemerlang.

Kolaborasi bukan kompetisi

Dunia bisnis online memang tingkat kompetisinya sangat tinggi. Tapi ternyata kesuksesan banyak brand besar di bidang informasi teknologi justru sukses berat dengan memperkuat kolaborasi bukan kompetisi. Maka sebenarnya dalam bisnis online jangan perbanyak competitor tapi perbanyaklah mtra untuk berkolaborasi. Ciptakan win-win situation bukan win-lost situation.

Dukungan orang-orang tercinta adalah kunci

Satu hal yang sifatnya personal tapi bisa menjadi kunci adalah dukungan dari orang terdekat, bisa orang tua, keluarga, istri, anak atau sahabat bisa menjadi kunci keberhasilan dalam bisnis online. Saat kita jatuh mereka yang akan jadi picu kebnagkitan kita, saat kita di puncak mereka yang menjadi rem bagi keangkuhan dan arogansi kita.

Tetaplah sederhana

Apapun yang terjadi dengan bisnis online kita, sesukses apapun dan setinggi apapu pencapaian tetaplah menjadi sederhana. Zuckenberg, Jobs dan Wozniacki telah menujukkan etos kesederhanaan itu. Justru kesederhanaan itulah yang membuat mereka menjadi individu yang luar biasa.

Sembilan pelajaran di atas saya dapatkan dari proses yang epat tahun penuh lika liku ini, mulai daripenghasilan nol rupiah per bulan, sampai penghasilan puluhan juta perbulan. Belum seberapa tapi paling tidak telah membawa perjalanan hidup yang luar biasa. Semoga bisa menjadi refleksi bagi siapa saja yang berkenan membaca tulisan sederhana ini.

Motivasi Bagi Pelaku Bisnis Online dari Para Jawara

Sebelum tulisan ini saya tutup, saya ingin mengutip satu hadist Rasulullah Muhammad SAW dan empat nasehat dari para jawara bisnis online dunia, yang bisa menjadi picu bagi pencapaian-pencapaian kita ke depan.

Dari Mu’adz bin Jabal ia berkata : Rasulullah shallalahu alaihi wassalam bersabda :

Sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkarinya, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.”
(Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi di dalam Syu’abul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221).

Itulah konsep berwirausaha yang begitu cemerlang dan sederhana, tetapi bisa menjadi kunci dari keberhasilan, tak terkecuali dalam bisnis online.

Selanjutnya, berikut adalah motivasi dari empat jawara bisnis online.

Jack Ma, Founder Alibaba dan salah satu orang terkaya di China

“Jangan Pernah Menyerah ! Hari ini adalah hari yang sulit, besok akan jadi hari yang lebih sulit tapi lusa matahari agar bersinar.”

Jeff Bezos, founder Amazon.com

“Kami memiliki tiga gagasan besar di Amazon yang telah kami pakai selama 18 tahun, dan itulah alasan kami berhasil: Letakkan pelanggan terlebih dahulu. Menciptakan. Dan bersabarlah.”

Brian Acton, founder whatsapp

“Saat saya bergabung dengan 'WhatsApp,' saya berusia 38 tahun. Sesungghnyak esempatan tersedia bagi kita di semua lapisan masyarakat dan di segala usia.”

Achmad Zaky, pendiri bukalapak

“Jangan buang waktu menunggu inspirasi. Mulailah, dan inspirasi akan menemukanmu.”

Semoga pesan rasulullah Muhammad SAW di atas bisa menjadi pondasi moral dari apapun bisnis online yang kita geluti. Sedangkan empat pesan dari jawara bisnis online di atas semoga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk tak mudah menyerah dan berjuang sampai titik dimana kita benar-benar sudah tak bisa berjuang.

Pada Akhirnya…

Sampailah kita pada akhir dari tulisan yang tak singkat ini, semoga ada manfaat yang bisa dipetik dan mohon dimaafkan jika ada kesan menggurui, semata-mata ingin berbagi.












Popular Posts