Thursday, March 23, 2006

buku
Petang dengan langit tampak mendung..
Seorang kawan di Semarang (Nia) memberi informasi biaya post graduate di UNNES sekitar 5 Jeti (awal) lalu per semester 3,5 jeti. Sekolah memang makin mahal..ni baru UNNES yang masih dianggap "sebelah mata" oleh banyak orang, apalagi di kampus yang dipandang dengan tiga mata :) dua mata (fisik) dan satu lagi dipandang dengan mata pencaharian...

Lalu, apa yang diperoleh di bangku kuliah ??
masing-masing kita punya jawaban masing-masing. Ada yang memperoleh jodoh, ada yang memperoleh prestice dan bisa juga ada yang memperoleh masalah..hehehe. Sekian lama lulusan perguruan tinggi makin banyak tapi adakah nasib Republik ini menjadi lebih baik ?? seorang senior dari Solo (Fajar Rizaulhaq) pernah kirim sms "Gelar sarjana itu harusnya jadi pemicu bukan gincu.."tapi bagaimana faktanya ?? masing-masing kita tentu juga punya sudut pandang tersendiri.

Kembali soal biaya kuliah..saat ini semua orang mahfum bahwa untuk sekolah memang mahal adanya. Itu sudah sepantasnya, lalu kalau ada yang berharap kuliah/sekolah itu murah berarti tidak sepantasnya ?? Ingatlah aku seorang sahabat di Cilacap (Dede Rahman) namanya, sekarang ia sekolah dan hampir lulus. Hampir tiap hari ia bertanya, "mas. ada gak kuliah yang murah ?" kalau pertanyaan ini ditujukan ke Damarjati Supadjar mungkin beliau akan menjawab "Sekolahlah di universitas kehidupan jurusan jalan lurus", kalau ditujukan ke Alm. Romo Mangun bisa jadi ia akan menjawab "pikirkan sekali lagi niatmu untuk kuliah itu, karena segera setelah mereka pandai dan sebagian rakyat masih bodoh, jadilah yang pandai "memakan" yang bodoh".
Berhubung saya yang ditanya (dalam hati kuberpikir, tidakkah kau tahu kawan dengan kuliah kau menjadi terlambat dewasa...) tapi tak tega kuberkata begitu pada seorang remaja yang sangat ingin skeolah tapi apa daya dana terbatas...kujawab saja : kuliah tak harus hari ini, mungkin esok lusa bisa. Lagi pula berlatih ketrampilan tak kalah baiknya. Tapi tetaplah berusaha.

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts