Saturday, October 8, 2011

Source : http://tonihandoko.wordpress.com

Rancangan Undang-Undang tentang keistimewaan Yogyakarta menjadi pelemik yang hangat. Beberapa pasal krusial masih diperdebatkan termasuk posisi pemangku jabatan Gubernur DIY. Ada ratusan argumentasi historis, yuridis dan juga kultural yang menyertai keistimewaan Yogyakarta.

Sembari merayakan Jogja yang ber ulang tahun dan di luar diskusi akademik maupun politik yang serius dan membius itu, saya  tiba-tiba ingin mencoba menggali keistimewaannya Jogja dalam subyektifitas saya sebagai orang yang pernah cukup lama bermukim disana. So, Istimewanya Jogja itu…??

  1. Istimewanya Jogja itu… karena komedian-komediannya sungguh sadis…sadis lucunya, sadis kreatifnya dan sadis orisinalitasnya… sebut saja ; Butet Kertarajasa, Gareng Rakasiwi, Dalijo, Joned, Wisben, Yu beruk, Marwoto kawer, Yati pesek, Den baguse ngarso, Bambang gundul, Sudi Sronto, Kelik Pelipur Lara, Setiawan Tiada Tara, Dibyo Primus, Ngabdul, Milko, Basiyo, Junaedi, Anang Batas, Mbah Darmo, Bambang Rabies, Aldo Iwak Kebo, Gito-Gati (dalang & pelawak), Waluh, Poer Bonsai, Hamzah H. S. a.k.a. Raminten, Hendro Plered, Harry Selalu di Hati, Didik Nini Towok, dan sekian banyak lagi yang belum tercatat, apalagi kalau mau dirunut Komedian-komedian yang lebih senior lagi akan makin banyak. (Nuwun untuk Bakung16 atas datanya). Istimewaaaaa Jogjaaa !!
  2. Istimewanya Jogja itu karena hanya Jogja kota yang “BERHATI NYAMAN” kebanyakan kota lainnya itu “Berhati-hati” J
  3. Istimewanya Jogja itu …karena berbagi itu masih jadi laku keseharian, pengalaman waktu sekolah dulu..kalau beli nasi di warung biasanya yang punya warung bilang “wis..iki tak tambani” sembari menambahkan sejumput nasi dan sebiji gorengan.. Semngat berbagi itu terbukti ketika Jogja melakukan recovery paska gempa dengan sangat cepat..Semangat berbagi antar warga jadi modal social ketika itu. (kebetulan 2 bulan menyaksikan dari dekat proses recovery itu”
  4. Istimewanya Jogja itu …karena banyak guru-guru bangsa sesungguhnya lahir dari rahim Jogja, sebut saja ; Ahmad Dahlan, Sri Sultan HB IX, Romo Mangun Wijaya, Sindhunata, Kuntowijoyo, Teuku Yakub, Diponegoro, Ki Hadjar Dewantara, Wahidin Sudirohusodo, W.S Rendra dan sebagainya.. Jogja memang subur melahirkan guru-guru bangsa yang sesungguhnya. Banyak kota yang melahirkan tokoh-tokoh tapi tokoh-tokoh itu biasanya redup ditelan zamannya karena sangat bergantung pada panggung politik dan kultur popular tapi guru-guru bangsa yang dilahirkan Jogja tak lekang disayat waktu dan tak pudar direnggut zaman.
  5. Istimewanya Jogja itu karena sikap hidup kebanyakan penguhuninya yang memilih jalan kesahajaan tinimbang hangar bingar panggung kebendaan yang panah..
  6. Istimewanya Jogja itu…karena keterbukaan penduduk dan budayanya atas kedatangan orang dari luar termasuk budaya luar. Keterbukaan inilah yang membuat jogja sungguh-sungguh berwarna dan berbeda…

Sejauh ini bersandar subyektifitas, itulah enam istimewanya Jogja versi saya. Terus kalau menurutmu…Istimewanya Jogja itu…???

Dirgahayu Jogja…kau istimewa selalu, tak peduli apa kata undang-undang nantinya…!!!

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts