Monday, October 10, 2011


source : zazzle.com

Dalam semangat untuk menambah pemahaman saya sebagai pribadi dan juga semangat untuk berbagi mulai saat ini www.kibasilalang.com akan mencoba menghadirkan SERI BELAJAR POLITIK dari berbagai ilmuwan dan juga praktisi dalam bidang politik yang dirasa sesuai dengan visi www.kibasilalang.com sebagai medium belajar bagi penulis pribadi dan juga bagi sesame yang memiliki spirit belajar dan berbagi.

Adapun metode SERI BELAJAR POLITIK ini adalah, menghadirkan visual material berupa materi pembelejaran yang didapatkan secara online dari berbagai ilmuwan dan praktisi di berbagai belahan dunia. Kami terlebih dahulu mengirimkan permohonan pemuatan kepada pemilik materi sebagai bentuk penghargaan atas karya. Namun demikian pemuatan materi tersebut di www.kibasilalang.com tidak menunggu balasan dari para ilmuwan dan pakar tersebut karena asumsi kami materi yang telah dipublikasikan secara luas melalui inernet tersebut berarti telah dizinkan untuk disebarluaskan selama digunakan untuk kepentingan penyebaran ilmu pengetahuan.

Term politik kami gunakan juga tidak bersifat kaku namun luas, misalnya saja suatu saat kami menghadirkan materi filasafat film, maka akan muncul pertanyaan apa hubungannya film dan politik. Maka, dalam konteks yang kami bangun film sekalipun adalah bagian dari mass communications yang tak lain termasuk sebagai instrument politik. Politik ingin kami hadirkan tidak dalam wajah politik kekuasaan semata, namun lebih dari itu politik adalah sebuah proses menghadirkan tata masyarakat yang menyenangkan, berkeadilan dan berkebudayaan.

Saat ini www.kibasilalang.com sedang mempersiapkan 10 materi belajar.
Selanjutnya materi yang kami unduh dari berbagai sumber tersebut, kami pelajari dengan menyaksikannya minimal 2 kali. Pada saat menyaksikan pertama kami mencoba memahami konteks bahasan, disamping itu mengingat semua materi berbahasa Inggris, maka pengulangan dalam menyaksikan adalah mutlak untuk memperkuat pemahaman terkait bahasa. Barulah pada penyaksian kedua atau ketiga kami melakukan analisa terhadap materi belajar untuk memberi sentuhan lokal atau keindonesiaan dari materi yang ada.

Adapun harapan dari menghadirkan SERI BELAJAR POLITIK ini adalah;
  1. Menambah pemahaman pribadi mengenai berbagai konsepsi, teori dan realitas politik.
  2. Mencoba mengabarkan pada pihak yang berminat bahwa politik dalam konteks ilmu adalah sebuah keniscayaan dalam sebuah komunitas mulai dari yang terkecil hingga Negara sekalipun. Bahwa politik itu kejam, keras dan buruk itu bukan dalam konteks ilmu melainkan dalam konteks politik kekuasaan. Mudah-muahan kehadiran SERI BELAJAR POLITIK bisa menjadi pembanding antara politik sebagai ilmu pengetahuan dan politik sebagai praksis kekuasaan.
  3. Mencoba membawa semangat berbagi pada semua…yang merupakan spirit utama blogger di seluruh dunia.
Akhirnya, semoga hal kecil yang coba kami hadirkan melalui SERIAL BELAJAR POLITIK bisa bermanfaat bagi kita semua. Selamat menikmati ya….! 

Salam Berbagi !!!

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Popular Posts